Inovasi pada layanan ojek online
INOVASI PADA LAYANAN OJEK ONLINE
Latar
Belakang
Maraknya kebutuhan
transportasi yang efisien pada zaman sekarang sangat di butuhkan,Maka tidak
heran beberapa produsen membuat inovasi baru pada transportasi.Agar dapat
memudahkan Konsumen untuk berpergian kemanapun dan kapan-pun seperti Ojek dan
Taksi Online.
Pembahasan
Di beberapa kota di
indonesia angkutan umum memiliki peranan penting dalam pembangunan
perekonomian,Karena berkaitan dengan distribusi barang,Jasa,dan Tenaga
Keja.Serta merupakan ini dari pergerakan ekonomi di kota,Salah satu amgutan
umum yang paling efektif dan efisien adalah ojek .Ojek adalah transportasi umum
informal di indonesia yang berupa sepeda motor.Di sebut informal karena
keberadaanya tidak di akui pemerintah dan tidak ada izin untuk
pengopraisianya,Penumpang biasanya hanya satu orang.
Ojek
banyak digunakan oleh penduduk di kota-kota besar maupun kecil karena
kelebihanya dengan angkutan lain,Yaitu lebih cepat dan dapat melewati sela-sela
kemacetan di kota.biasanya ojek mangkal atau menunggu penumpang di persimpangan
jalanyang ramai atau jalan yang masuk ke kawasan pemukiman,Semakin pesatnya
teknologi di zaman ini yang di namakan internet memungkinkan kita mendapatkan
informasi dengan mudah dan cepat.Salah satunya adalah ojek tersebut,Kini di
Indonesia terdapat sebuah layanan Ojek Online yang memungkinkan kita sebagai
calon penumpang,Tidak perlu susah payah mencari keberadaan Ojek.
Kita
cukup memesan ojek dari sebuah aplikasi di smartphone kita.dan driver ojek
online tersebut akan datang menjeput.Semakin lama peminat dari ojek online
ini-pun semakin bertambah pesat dan para produsen ojek online pun semakin
menambahkan layanan-layanan aplikasi mereka masing-masing untuk meberikan
layanan terbaik mereka agar para pelanggan merasa nyaman menggunakan Ojek
Online.Contohnya saja layanan pada Go-Jek yaitu adanya Go-Food yang bisa di
pakai untuk memesan makanan dan Go-Pay untuk memudahkan konsumen untuk membayar
ke berbagain bidang tertentu.Konsumen pun semakin nyaman dan merasa aman kepada
para Ojek Online.
Namun
di setiap ada kelebihan yang Ojek Online punya,Pastinya mereka mempunyai
kelemahan tersendiri.Di mulainya tantangan dari para Ojek konversional (Ojek
Pangkalan) lalu di tambahnya Tidak kebisaanya memindahkan tujuan.Pada masalah
tidak bisanya memindahkan tempat tujuan dari tempat yang pertama di pesan
(Contohnya saja dari Monas ke Mangga dua namun si pelanggan tidak jadi ke
mangga dua namun sang pelanggan ingin berpidah tempat tujuanya ke Taman
Fatahillah) Masalah seperti ini tidak memungkinkan sang driver di karenakan
dari sistem Ojek online tidak bisa secara langsung berpindah tempat begitu
saja,itu juga mempersulit si penumpang yang inget membatalkan lokasi tujuanya
dan harus memsan ojek online lagi dan membanyarnya dua kali.
Mungkin
dengan adanya Inovasi baru dari para produsen ojek online mengmbangkan dari
masalah tersebut,Itu memungkinkan khususnya para penumpang menjadi nyaman jika
ia secara medadak ingin berpindah tempat tujuan.Contoh cara kerjanya Jika si
penumpang ingin Mengubah tempat tujuan dari tmpat tujuan yg pertama dia tuju
maka ia tak perlu repot-repot memesan ojek online yang lain hanya saja jika si
pelanggan ingin mengubah tujuan di kenakan biaya tambahan sebut lah 5.000
rupiah untuk sekali berubah tempat tujuan Agar lebih efisien.Namun perubahan
arah tujuan ini si penumpang hanya di perbolehkan satu kali untuk berpindah
tempat tujuan,ini di karena-kan agar tidak terjadinya ke-isengan dari si
penumpnag itu sendiri yang mengakibatkan si driver kelelahan dan kesal kepada
penumpang tersbut.
Jika
penumpang ingin berpindah tujuan maka si penumpang hanya bilang saja ke
drivernya dan dari si penumpangnya mengubah pula tempat tujuanya,Namun dari
situ harus ada Konfirmasi dari bagian admin ojek onlinenya agar dapat di itung
kembali jumlah tarif-nya jika si penumpang mau berpindah tempat tujuan. selain itu ada juga inovasi untuk
menelfon gratis untuk driver dengan
penumpang bisa saling berhubungan biasanya jika si penumpang sudah mengorder
ojek online jarang di telfon dengan alas an si driver tidak mempunyai pulsa,
jika ada tambahan fitur menelfon gratis maka si driver bisa langsung
menghubungi penumpang, di salah satu aplikasi serupa sudah ada fitur chat
tetapi belum ada yang menyediakan fitur menelfon gratis.Namun
ini hanyalah sedikit gambaran dari sebuah Inovasi untuk kekurangan dari Ojek
Online,Semoga kedepanya para produsen memberika inovasi untuk kekurangan dari
ojek online dan dapat memberikan perlayanan terbaik mereka untuk para konsumen
maupu driver.
Kesimpulan
Untuk mempermudahnya kebutuhan para konsumen di
indonesia,Maka di buat lah Transportasi yang efektif dan efisien agar para
konsumen tersebut merasa aman,nyaman dan percaya kepada produsen transportasi
online,Dan Inovasi-Inovasi yang telah di terapkan juga semakin membuat konsumen
semakin percaya kepada produsen Transportasi online saat ini.
Daftar
Pustaka
Komentar
Posting Komentar